TUGAS
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
"PERKEMBANGAN BABYHOOD SAMPAI MASA TUA"
DI SUSUN OLEH:
SAMSUL BAHRI
20700113033
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) ALAUDDIN MAKASSAR
2014
Alhamdulillahi, akhirnya selesai juga mengenai tugas-tugas perkembanga baik itu dari babyhood, masa kanak-kanak, masa anak-anak, masa pubertas, masa remaja,dewasa madya, ataupun masa tua / lansia :
1.Tugas perkembangan babyhood secara umum
Adapun tugas perkembangan pada masa babyhood, antara lain:
a) Belajar makan dan mengendalikan buang air kecil dan besar
b)Memperoleh keseimbangan psikologi.
c)Belajar konsep sederhana tentang realitas sosial dan fisik.
d)Belajar menjalin hubungan emosi dan orang sekitarnya.
e)Belajar berjalan.
f)Belajar membedakan jenis kelamin dan menghargainya.
g)Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah.
h)Belajar mengembangkan hati nurani.
2.Tugas perkembangan masa kanak-kanak
a) Belajar makan dan mengendalikan buang air kecil dan besar
b)Memperoleh keseimbangan psikologi.
c)Belajar konsep sederhana tentang realitas sosial dan fisik.
d)Belajar menjalin hubungan emosi dan orang sekitarnya.
e)Belajar berjalan.
f)Belajar membedakan jenis kelamin dan menghargainya.
g)Belajar membedakan antara yang benar dan yang salah.
h)Belajar mengembangkan hati nurani.
2.Tugas perkembangan masa kanak-kanak
a)Menguasai kemampuan fisik dasar untuk bermain.
b)Bisa bermain dengan teman sebaya.
c)Membentuk sikap positif terhadap diri sendiri.
d)Mempelajari peran gender yang sesuai.
e)Mengembangkan kemampuan dasar dalam membaca, menghitung, dan menulis.
f)Mengembangkan hati nurani, moralitas, dan sistem nilai.
g)Memiliki kemandirian dasar dalam kegiatan sehari-hari.
h)Mengembangkan sikap yang tepat terhadap kelompok sosial tertentu.
3.Tugas perkembangan pada masa anak-anak
b)Bisa bermain dengan teman sebaya.
c)Membentuk sikap positif terhadap diri sendiri.
d)Mempelajari peran gender yang sesuai.
e)Mengembangkan kemampuan dasar dalam membaca, menghitung, dan menulis.
f)Mengembangkan hati nurani, moralitas, dan sistem nilai.
g)Memiliki kemandirian dasar dalam kegiatan sehari-hari.
h)Mengembangkan sikap yang tepat terhadap kelompok sosial tertentu.
3.Tugas perkembangan pada masa anak-anak
Menurut Havighurst ( dalam Hurlock, 1980) tugas perkembangan pada masa anak-anak adalah sebagai berikut:
a)Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
b)Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh.
c)Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya.
d)Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita yang tepat.
e)Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung.
f)Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan seharti-hari.
g)Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tata dan tingkatan nilai.
h)Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
i)Mencapai kebebasan pribadi.
a)Mempelajari keterampilan fisik yang diperlukan untuk permainan-permainan yang umum.
b)Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh.
c)Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusianya.
d)Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita yang tepat.
e)Mengembangkan ketrampilan-ketrampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung.
f)Mengembangkan pengertian-pengertian yang diperlukan untuk kehidupan seharti-hari.
g)Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tata dan tingkatan nilai.
h)Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga.
i)Mencapai kebebasan pribadi.
4.Tugas perkembangan masa pubertas
Semua tugas perkembangan masa pubertas berfokus pada usaha mempersiapkan diri dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa dengan cara:
a)Mencapai relasi yang lebih matang dengan teman sebaya dari jenis kelamin yang berbeda.
b)Mencapai peran sosial feminim atau maskulin.
c)Menerima bentuk perubahan fisik dan menggunakannya.
d)Meminta, menerima, dan mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
e)Mencapai kemandirian secara emosional dari orang tua ataupun orang dewasa lainnya.
f)Mempersiapkan diri dalam penyesuaian diri pada norma-norma lingkungan sosial.
5.Tugas perkembangan masa remaja
Semua tugas perkembangan masa pubertas berfokus pada usaha mempersiapkan diri dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa dengan cara:
a)Mencapai relasi yang lebih matang dengan teman sebaya dari jenis kelamin yang berbeda.
b)Mencapai peran sosial feminim atau maskulin.
c)Menerima bentuk perubahan fisik dan menggunakannya.
d)Meminta, menerima, dan mencapai perilaku yang bertanggung jawab secara sosial.
e)Mencapai kemandirian secara emosional dari orang tua ataupun orang dewasa lainnya.
f)Mempersiapkan diri dalam penyesuaian diri pada norma-norma lingkungan sosial.
5.Tugas perkembangan masa remaja
Adapun tugas perkembangan pada masa remaja, antara lain :
a)Menerima keadaan jasmani yang sebenarnya dan memanfaatkan.
b)Memperoleh hubungan baru dan lebih matang dengan teman sebaya antara dua jenis kelamin.
c)Memperoleh kebebasan emosional dari orang tua.
d)Mendapatkan perangkat nilai hidup dan filsafat hidup.
e)Memiliki citra diri yang realistis.
6.Tugas-tugas perkembangan dewasa madya
Batasan usia untuk dewasa madya adalah antara 35-45 tahun. Pada kebanyakan orang tanda dari dewasa madya ditandai dengan kemajuan pekerjaan, perkawinan, meningkatnya ekonomi, aktif untuk mengikuti kegiatan sosial, dan dorongan seks bertambah sehingga disebut masa puber kedua, mengurangi kegiatan yang banyak yang dilakukan secara fisik dan masa breakdown secara fisik seperti mulai sakit-sakitan.
a)Menerima keadaan jasmani yang sebenarnya dan memanfaatkan.
b)Memperoleh hubungan baru dan lebih matang dengan teman sebaya antara dua jenis kelamin.
c)Memperoleh kebebasan emosional dari orang tua.
d)Mendapatkan perangkat nilai hidup dan filsafat hidup.
e)Memiliki citra diri yang realistis.
6.Tugas-tugas perkembangan dewasa madya
Batasan usia untuk dewasa madya adalah antara 35-45 tahun. Pada kebanyakan orang tanda dari dewasa madya ditandai dengan kemajuan pekerjaan, perkawinan, meningkatnya ekonomi, aktif untuk mengikuti kegiatan sosial, dan dorongan seks bertambah sehingga disebut masa puber kedua, mengurangi kegiatan yang banyak yang dilakukan secara fisik dan masa breakdown secara fisik seperti mulai sakit-sakitan.
Seperti halnya dengan tugas-tugas perkembangan periode lain, maka tugas-tugas perkembangan masa dewasa madya tidaklah sepenuhnya dapat dikuasai dalam waktu sama oleh setiap orang. Hanya beberapa tugas yang bisa dikuasai sepenuhnya. Kondisi ini selalu bervariasi untuk setiap individu. Kebanyakan tugas-tugas perkembangan usia dewasa madya adalah persiapan penyesuaian diri dalam mengatur dan menentukan kebahagiaannya di masa tua.
Tugas-tugas perkembangan masa dewasa madya adalah menyesuaikan diri pada perubahan dan penurunan kondisi fisik, menyesuaikan diri dalam perubahan minat, atau menyesuaikan diri kepada relasi keluarga dan pasangan hidup.
7.Tugas perkembangan di masa tua / lansia
7.Tugas perkembangan di masa tua / lansia
Tugas-tugas perkembangan di masa tua menurut Havighurts:
a)Menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan.
b)Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya income ( penghasilan) keluarga.
c)Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
d)Membebntuk hubungan dengan orang-orang yang seusia.
e)Membentuk pengaturan kehidupan fisik yang memuaskan.
f)Menyesuaikan diri dengan peran sosial secara luwes.
a)Menyesuaikan diri dengan menurunnya kekuatan fisik dan kesehatan.
b)Menyesuaikan diri dengan masa pensiun dan berkurangnya income ( penghasilan) keluarga.
c)Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup.
d)Membebntuk hubungan dengan orang-orang yang seusia.
e)Membentuk pengaturan kehidupan fisik yang memuaskan.
f)Menyesuaikan diri dengan peran sosial secara luwes.
DAFTAR PUSTAKA
Herri zan pieter, Dr. Namora lumongga Lubis,. Pengantar Psikologi untuk Kebidanan, Edisi Revisi.2010.Jakarta:P.T Fajar Interpratama Mandiri. KENCANA PERNADA MEDIA GROUP
Hurlock,1980,Psikologi Perkembangan ( Edisi kelima), Jakarta:Erlangga
No comments:
Post a Comment